Kementan Dukung Pengembangan Bawang Merah melalui Pelatihan Teknis di Kota Payakumbuh
01 Desember 2021

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menjelaskan program pengembangan Kawasan pangan merupakan program penting dan strategis jangka panjang yang dapat menciptakan lapangan kerja baru di pedesaan. “Program ini juga mampu meningkatkan pendapatan keluarga petani dan memastikan ketahanan pangan secara nasional” ucap Mentan SYL.

Kepala BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi, mengatakan salah satu faktor penting dalam membangun pertanian adalah SDM. “Oleh sebab itu, BPPSDMP akan terus berupaya agar skill, pengetahuan, kemampuan, juga kapasitas SDM pertanian Indonesia meningkat, baik penyuluh, petani, petani milenial, poktan maupun gapoktan,” ujar Dedi.

Dalam rangka terus berkomitmen untuk meningkatkan sumber daya manusia pertanian tersebut, Balai Pelatihan Pertanian Jambi bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kota Payakumbuh melaksanakan pelatihan teknis bagi non aparatur Angkatan XXXVIII (Komoditas Bawang Merah). Pelatihan tersebut dilaksanakan semala 3 hari dari tanggal 22 s.d 24 November 2021 di Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Payakumbuh Timur, Kota Payakumbuh, Provinsi Sumatera Barat.

Pelatihan dilaksanakan dengan lebih menekankan pada praktek yaitu sekitar 70% sementara teori hanya 30%. Hal ini dilakukan dengan melaksanakan praktek di petani bawang merah sukses di wilayah Kota Payakumbuh. Setelah petani menjalani pelatihan tersebut, selanjutnya pelatihan ditutup pada hari Rabu (24/11).

Turut hadir dalam penutupan yaitu Kepala Dinas Pertanian Kota Payakumbuh yang diwakili oleh Kordinator Kelompok Jabatan Fungsional (Olifdayanti), Kepala Balai Pelatihan Pertanian Jambi yang diwakili oleh widyaiswara (Ahmad Syariful Jamil), serta panitia pelatihan.

Koordinator Kelompok Jabatan Fungsional Dinas Pertanian Kota Payakumbuh dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kerjasama pelatihan yang sudah diadakan di Kota Payakumbuh.

“Kami berharap bahwa kerjasama ini tidak hanya berhenti di sini saja, tapi dapat berlanjut untuk ke depannya dalam rangka meningkatkan kapasitas sumber daya manusia pertanian di Kota Payakumbuh,” ujarnya.

Perwakilan BPP Jambi dalam sambutannya mewakili Kepala Balai mengatakan bahwa BPP Jambi siap mendukung penyebarluasan informasi dan teknologi pertanian melalui pelatihan yang akan secara konsisten diberikan secara proporsional di wilayah kerja BPP Jambi.