Respon Digitalisasi Sistem Penyuluhan , Penyuluh Kota Dumai Ikuti BIMTek Penyusunan Dupak Online
02 Desember 2021

Kementerian Pertanian melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) mempunyai tugas penting dalam meningkatkan kapasitas, kompetensi, dan pengembangan SDM pertanian. Salah satu tugas pokok dari BPPSDMP adalah peningkatan kapasitas SDM untuk kemajuan di pembangunan pertanian di Indonesia.

Sebagaimana Keputusan Presiden Nomor 87 Tahun 1999 tentang Rumpun Jabatan Fungsional Pegawai Negeri Sipil, telah ditetapkan Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor PER/02/Menpan/2/2008 tentang Jabatan Fungsional Penyuluh Pertanian dan Angka Kreditnya serta Peraturan Bersama Menteri Pertanian dan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 54/Permentan/OT.210/11/2008 dan Nomor 23A Tahun 2008 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Penyuluh Pertanian dan Angka Kreditnya. Dalam rangka peningkatan kapasitas, kompetensi dan pengembangan SDM pertanian Pemerintah Kabupaten Dumai melakukan kerjasama dalam penyelenggaraan BIMTEK Penyusunan Dupak online.

Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari di Balai Pelatihan Pertanian Jambi. Diikuti oleh 29 orang penyuluh pertanian kota Dumai. Bimtek dibuka oleh Kepala Balai Pelatihan Pertanian Jambi yang diwakili oleh Widyaiswara Utama Balai Pelatihan Pertanian Jambi, Lindung.

“Dunia penyuluhan sudah memasuki era revolusi industri 4.0, jika tidak menyesuaikan diri akan tersingkirkan, begitu juga dengan dunia penyuluhan. “ ungkap lindung dalam sambutannya
Lidung juga menjelaskan bahwa banyak perubahan di era penyuluhan mulai dari bahan penyuluhan yang dahulunya masih berupa peta singkap sekarang sudah digital dalam bentuk video, podcast , youtube, dll. Perkembangan penyuluhan sekarang sudah dalam bentuk online untuk itu, penyuluh harus tahu aplikasi-aplikasi yang mendukung kinerja penyuluh ini. Balai Pelatihan Pertanian Jambi merupakan rumahnya penyuluh. Mudah-mudahan selama kegiatan ini dapat menjadi titik silaturrahmi dan pengembangan SDM khususnya penyuluh di kota Dumai.

Selain itu hadir pula Kabid Penyuluhan Ibu Herlina Nasrul, Kasubag Tu Bapeltan Jambi Ngasiran, Subkor penyelenggara pelatihan, Hidayat, dan Sub kor Program dan Evaluasi, Nugroho Setyowibowo.
“ Semoga ilmu yang didapat dapat mendukung kinerja Penyuluh Pertanian kota Dumai,” harap Herlina.
Hal ini seperti ditegaskan oleh Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL), bahwa peningkatan kapasitas SDM menjadi salah satu fokus Kementerian Pertanian. Tujuannya agar produktivitas tetap meningkat bagi ketahanan pangan nasional dan kesejahteraan para petani tetap terjaga. “Salah satu fokus kita adalah meningkatkan kualitas SDM. Dengan SDM yang berkualitas tersebut, kita akan meningkatkan pertanian,” tegas SYL.

Kepala BPPSDMP, Dedi Nursyamsi mengatakan bahwa BPPSDMP berada di garis terdepan dalam pembangunan SDM pertanian. “Itu berati segala sesuatu yang terkait peningkatan kapasitas SDM merupakan tugas BPPSDMP ujar Dedi Nursyamsi.